Penjelasan Metode SEO ON PAGE dan Cara Penerapannya

Penjelasan Metode SEO ON PAGE dan Cara Penerapannya. Yang dimaksud dengan metode SEO ON PAGE yaitu optimasi yang dilakukan dalam ruang lingkup web itu sendiri. Metode ini cukup besar pengaruhnya terhadap SERP yaitu sekitar 50% - 60%. Berarti metode ini adalah modal awal untuk menembus urutan teratas di mesin pencari.

Sebelum mendalami metode SEO ON PAGE, ada 2 hal yang wajib anda ketahui karena ini juga bisa dikatakan dapat meningkatkan hasil penerapan metode SEO ON PAGE anda.

1. Lokasi Server atau Hosting

Pemilihan lokasi ini bisa dikatakan sangat berpengaruh terhadap usaha anda dalam menembus Page One. Apabila lokasi anda di Indonesia, maka pengunjung dari Indonesia akan lebih cepat mengakses dibandingkan dengan pengunjung yang berasal dari negara lain. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan juga dalam pemilihan Hosting lokal. perhatikan kwalitas servernya, kecepatan aksesnya, dan hal hal lain yang patut dipertimbangkan. Untuk sebagian Blogger, ada yang bersedia mengabaikan metode ini demi mendapatkan pelayanan Hosting asing yang lebih baik dibandingkan dengan Hosting lokal.

2. Pemilihan Nama Domain

Mesin pencari akan lebih mudah menampilkan Blog anda di Page One apabila nama domain anda mendukung niche blog anda. Misalkan Blog anda membahas tentang resep masakan. Apabila anda menggunakan nama domain resep masakan, maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan blog anda.

metode seo on page


Nah, Sekarang saatnya kita berlanjut ke inti pembahasan yaitu SEO ON PAGE.

1. Pemilihan Judul

Pada saat anda mengawali membuat blog dan membuat judul Blog anda, pilihlah judul yang mengandung kata kunci yang anda bidik ( contohnya seperti gambar diatas ). Buatlah judul dengan tidak melebihi 64 karakter / Huruf.

2. Meta Keyword

Meta Keyword ini adalah metadata yang ada di tiap halaman blog anda. Fungsinya agar mesin pencari mengenali kata kunci yang anda terapkan. Meta keyword disarankan berjumlah maksimal 20 kata kunci per halaman.

3. Meta Description ( Deskripsi penelusuran)

Meta Description ini merupakan  penjelasan singkat mengenai halaman yang sedang anda garap. Meta description ini bisa menjadi kata kunci dan muncul di pencarian. Maka dari itu isilah meta ini dengan penjelasan yang singkat padat dan berisi.
4. Tag Header
Header adalah tag yang ada pada halaman blog yang dapat mempengaruhi pencarian di mesin pencari. Tag Header ini sangat dianjurkan untuk diterapkan di blog anda. Blog anda diharuskan memiliki tag Header ini minimal sampai H3
H1 digunakan untuk judul Blog anda
H2 digunakan untuk judul postingan
H3 digunakan untuk sub judul postingan

Penting : Jangan ulangi judul blog anda di judul postingan blog anda karena dapat memperburuk peringkat blog anda di mesin pencari.

4. Tautan Permanen atau Permalink


seo on page

Dalam mementukan format permalink, gunakanlah kata kunci postingan blog anda. Jangan menggunakan kode kode seperti angka, simbol, dan lain lain karena ini tidak disukai oleh mesin pencari.

5. Link Juice

Link juice adalah menempatkan url di halaman anda dari internal link maupun external link. Yang dimaksud dari internal link adalah link yang berasal dari halaman lain tapi masih dalam satu blog, sedangkan external link adalah link yang berasal dari blog lain.

6. Sitemap

Dari keseluruhan Url halaman yang telah anda buat, nantinya akan membentuk peta situs atau sitemap blog anda di mesin pencari. Untuk memudahkan mesin pencari membuat sitemap blog anda, maka buatlah terlebih dahulu sitemap blog anda lalu daftarkan blog anda di webmaster tools.

7. Optimasi Gambar


seo on page


Apabila postingan postingan blog anda sering menggunakan gambar, maka anda harus mengoptimasinya agar dapat terdeteksi oleh mesin pencari dan dapat meningkatkan trafik anda.
Cara optimasi gambar ini sangat mudah. setelah gambar di upload ke artikel anda, klik gambarnya lalu pilih properties lalu isi title text dan alt text gambar menggunakan kata kunci artikel yang sedang anda buat.

Info Terkait :

Penjelasan Metode SEO ON PAGE dan Cara Penerapannya