Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran

Garap Blog - Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran. Sebelum memulai Blogging langkah yang paling awal yang harus diperhatikan adalah riset kata kunci  ( Keyword )dan memilihnya dengan benar dan tepat sasaran. Apabila anda sudah salah dalam langkah ini maka bisa dipastikan anda akan sulit bersaing dengan Blogger Blogger yang sudah berkecimpung didunia Blog sebelum anda.

Riset kata kunci ini dikatakan sangat penting bahkan krusial karena 80% - 90% orang akan mencari informasi yang mereka butuhkan melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain lain.


Misalkan untuk mencari "resep nasi goreng" orang akan mengetikkan "resep nasi goreng". Bayangkan jika anda salah dalam memilih kata kunci misalkan kata kunci anda "resep" saja atau "resep nasi" saja maka blog anda bisa dipastikan berada di posisi menengah bahkan posisi buncit. kata kunci "Resep " atau  "resep nasi " artinya sangat luas bisa resep nasi liwet, resep nasi jamblang atau bahkan nyasar ke resep resep yang lainnya.

Garap-Blog-Cara-Riset-Kata-Kunci-yang-Benar-dan Tepat-Sasaran

Dari Gambar diatas sudah terbukti apabila anda membuat artikel "resep nasi goreng" sementara kata kunci yang dibidik hanya "resep" saja maka tidak ada postingan yang membahas tentang "Resep Nasi Goreng".

Dalam melakukan riset kata kunci, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor faktor tersebut yaitu:

1. Panjang Pendeknya Kata Kunci

Dalam menentukan kata kunci disarankan jangan terlalu pendek dan juga jangan terlalu panjang. Seperti yang disinggung sebelumnya misalkan "Resep Nasi Goreng" usahakan kata kuncinya Resep Nasi Goreng, jangan Resepnya saja.

2. Tentukan Target Sasaran Blog anda.

Apabila blog anda menyasar daerah Indonesia saja, gunakan bahasa indonesia. dan Apabila target anda Internasional gunakan bahas inggris yang benar (Hal ini sudah paham pastinya).

3. Cari Tahu Berapa Banyak Orang Yang Mencari kata Kunci Tersebut.

Untuk mencari tahu berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut dan persaingannya, anda bisa menggunakan Tool yang telah disediakan oleh Google secara gratis Yaitu Google Keyword Planner. Untuk penjelasan Penggunaan Google Keyword Planner anda bisa simak postingan saya selanjutnya.

4. Ketahui Tingkat Persaingan yang Sebenarnya

Dengan mengetahui tingkat persaingan dari kata kunci yang kita bidik, maka kita bisa mengukur kemampuan kita, apakah kita mampu bersaing dengan sejumlah pesaing atau tidak. jangan sampai kemampuan kita hanya standar akan bersaing dengan para master maka usaha anda dipastikan hanya akan buang buang waktu dan tenaga anda.

Untuk mengetahui persaingan biasanya yang dilakukan andalah cukup menuliskan kata kunci di Google.com. Contohnya seperti ini

Garap-Blog-Cara-Riset-Kata-Kunci-yang-Benar-dan Tepat-Sasaran.

Saat mencari "Resep Nasi Goreng" di Google.com maka akan muncul 659.000 halaman. Maka anda diwajibkan bersaing dengan 659.000 halaman agar bisa tembus di urutan teratas. Tapi sebenarnya pesaing anda bukanlah 659.000 halaman bisa jadi lebih sedikit dari itu karena jumlah diatas mencakup halaman halaman yang tidak relevan dengan kata kunci "Resep Nasi Goreng".

Inilah Cara Sesungguhnya untuk mencari pesaing yang sebenarnya:
Lakukan pencarian seperti biasa namun tambahkan tanda kutip di awal dan di akhir kata kunci,

Garap-Blog-Cara-Riset-Kata-Kunci-yang-Benar-dan Tepat-Sasaran.

Setelah itu tambahkan kata "&start=990" di akhir adress bar, lalu Enter ( Tanpa tanda kutip yaa ). Ini penampakannya.

Garap-Blog-Cara-Riset-Kata-Kunci-yang-Benar-dan Tepat-Sasaran.

Di bagian paling bawah halaman akan muncul kalimat seperti ini "In order to show you the most relevant results, we have omitted some entries very similar to the 990 already displayed.
If you like, you can repeat the search with the omitted results included".

Langkah terakhir adalah pilih halaman paling akhir yang diberikan oleg Google maka akan muncul jumlah pesaing anda yang sebenarnya.

Garap-Blog-Cara-Riset-Kata-Kunci-yang-Benar-dan Tepat-Sasaran.
Ternyata pesaing anda hanya 161 halaman dan bukanlah 659.000 halaman. 
Pada dasarnya Google hanya akan menampilkan 1000 halaman terbaik yang masuk ke Google. Berarti apabila jumlah pesaing hanya 161 maka bisa dikatakan tingkat persaingannya masih sangat rendah.

Info Terkait :

Cara Riset Kata Kunci yang Benar dan Tepat Sasaran